RECAP FUN TRIP

Banda Neira, Maluku Tengah

Minggu, 17 Juli 2011

Perjalanan sudah di rencanakan sejak 1 tahun yang lalu, alias nunggu promo tiket maskapai penerbangan. Suka jalan2 tapi duit terbatas yah begini lah. Seperti biasanya rencana yang sudah diatur jauh hari belum tentu juga genk yang udah beli tiket promo pasti akan berangkat. Selalu ada yang gugur satu persatu.  Rencana awal berangkat bertiga, jadi yang berangkat sendiri aja. Tapi untungnya ada temen yang mendadak minta ikutan karena stress dengan kerjaan dan masalah pribadi upps, yang pastinya butuh refresing juga. Baguslah jadi ada temen juga gw, akhirnya berangkat ber-3 even tetep aja berangkat sendiri2 karna beda flight.

But its ok the show must go on!! Buat yang haus akan jalan2, explore tempat,dan rindu matahari pantai seperti saya ini.. hehehe

Sebagai pemimpin regu yang kadang suka sok tau.. Teman-teman mempercayakan gw untuk handle semua perjalanan ini, emang dasarnya gw suka direpotin terutama kalau urusan jalan2, hehehe seru sih nambah pengetahuan gw. Padahal  temen gw si Ade sudah pernah ke Krabi sebelumnya, tapi dia tetep mau gw yang arrange, dasar laki yah gak mau ribet. And you know what?? I never been to that country I’ll go….  I have no idea about KL-SING –THAI. Petualangan ini adalah perdana gw keluar negeri cuy,..passport aja baru bikin 1 bulan sebelum berangkat, so masih perewi cin. Tapi tetep passion gw lebih besar buat mau tau semua hal karna sangat menantang buat gw. Cukup yah curhatan jiwa gw neh.. So let’s start the journey.

Things to do 2 Minggu sebelum berangkat adalah :
- cari tahu soal transportasi di KL-SING-THAI karna kita akan menggunakan jalur darat.
- Cek hotel via Agoda yang kadang bisa mursida cin = murah maksudnya.
- Cek harga train, rute2 train tapi agak susah juga tuh lewat internet.
- Jangan malu tanya2 ama teman2 atau kenalan baru yang sudah pernah ke 3 negara itu.
- arrange meeting sama teman2 apa yang harus dibawa, berapa uang rupiah yang harus dituker.
- Berapa banyak baju yang harus dibawa, maklum nih 1 teman cewek saya ini si Nila belum
  pernah backpackeran jadi dia sedikit bingung waktu beli tas ransel Deuter barunya itu. Pas
  masukin baju2 katanya gak muat..hahaha saking banyak baju yang dibawa sampai baju tidur
  ada beberapa set gt..haduh neng kitakan backpackeran…hihihi..miss u girl,..gadis solo yang
  doyan mandi, pelor, lugu ini..hehe

Day 1 SOETA to KL
02:00am   menuju Soeta karena flight berangkat jam 05:00am (check in-imigrasi-dan menunggu pesawat), sebenernya flightnya si Nila yang lebih dulu kalau gw sih jam 06:20...karena sama2 perdana neh jadinya tetap kebersamaan dong sampai tujuan..

10:00 waktu KL (Bedanya 1 jam lebih cepat sama kaya di Bali) akhirnya kami sampai, dan dengan keberanian tingkat tinggi si gadis solo nyamperin gw di LCCT.
                        Soalnya Nila pakai flight Malaysian airlines di terminal KLIA arrivednya
                        Dan gw pakai air asia arrive di terminal LCCT (kepanjangan dari low cost carrier terminal = alias terminalnya penerbangan murah hehe)
Note :
Kalau pakai pesawat mursida kaya Tiger airways or Air Asia
pasti arrivenya di LCCT Nah kalau pakai yang pesawat mahal
Malaysian, Garuda,dll pasti arrivenya di KLIA
*sungguh terlihat sekali stratanya haha…

KLIA to LCCT ada shuttle busnya kok, sekitar RM 2,50 sajo...(Asumsi kurs RM 1 = Rp. 3000 harusnya sih sekitar 2900an , gw buletin aja deh biar gak ribet)

Akhirnya gadis solo ini sampai juga di LCCT, sampai dia amaze loh sama dirinya sendiri karna dia berani di negara orang sendiri nyamperin gw, begitupun gw,,norak kali kita TKW ini hahaha.....

Perjalanan masih jauh kita harus ke KL Sentral menuju Bukit Bintang My Hotel tempat kita memejamkan mata.

LCCT -> KL Sentral  naik bis sekitar RM8-RM9, banyak pilihan busnya, perjalanan +/- sekitar 45 menit sampai KL sentral
KL Sentral naik Train ke arah Masjid Jamek (berkisar RM 1,50 – RM 2,00) after that jalan kaki ke arah terminal pudu raya sampai hotel sekitar 10 Menitlah sampai.
Keterangan diatas setelah gw tau rutenya, de factonya kemarin itu adalah gw bolak balik ke KL Sentral ampe 3 kali karena dikerjain ama pribumi sana, bayangin aja gw nanya baik2 soal alamat hotel gw pakai bahasa Indonesia buset deh disepelein cuy..
  1. sama petugas disana cwo,  gw tanya and dia jawab “you go there” kaya orang ngusir…ckckck kalau dinegara sendiri bisa naik pitam gw  neh, gak perempuannya juga sama aja...
  2. infomation Service sama sekali gak ramah (perempuan) pengen ngajak berantem aja gt.

Mulai dari naik Bus, Train, sampe Jalan Kaki, tanya orang sana sini gak ada yang tau juga hadeehh..kalau kata iklan 1 hari 1000 langkah kayanya perjalanan kita dah 10.000 langkah deh...sampe2 teman gw nila mau jatuh karna gak biasa bawa ransel berat dan kecapean pastinya..tapi tetap gw doktrin untuk semangat!! And you know what gw sama Nila baru sampe di MY Hotel @bukit bintang itu jam 3 sore aja gt. Padahal hotel itu dekat sekali dgn hotel terkenal Swiss Garden salahnya kita gak tau. Namanya juga baru perdana..
But anyway itulah seninya jalan2 backpackeran kaya gini, mana 2 perempuan ini nekat bener deh, jalan2 ke Negara orang tapi nge blank!! Hahaha...

03:00pm Sampai juga  di My Hotel @bukit bintang, dan employee of the day at My Hotel  adalah salim he nice and Helpful .. After check in, we stay for one hour at hotel and continue the journey to KLCC (the most famous building) penasaran aja sih but actually im not to interesting with city, coz im nature freak... kalau mau liat kota sih dijakarta sama aja kan?. Hehehe..

At 16:00            we must eat first.. my gosh so hungry.. So we eat briyani rice with fried chicken and te’o ice (ice tea) it cost around RM 5 – RM 7, dan Ayam Gorengnya SO BIG!!

Setelah makan kita lanjutkan perjalanan kita ke KLCC, Tapi sebelumnya kita harus mampir ke Terminal PuduRaya untuk cari tahu informasi Bus ke Hatyai.
Setelah tanya di Terminal Pudu Raya (bagus banget andai Indonesia punya Bus station kaya gt..m mhh just in my dream) Harga Bus KL-Hatyai (Thai) is only RM 45-60, I Pick RM 50 saja double Dekker Bus
After we asked lot of information to Hatyai we continue to KLCC using Train
Terminal Puduraya -> Terminal Train Pasar Seni -> turun di Terminal Masjid Jamek ganti kereta, keluar terminal nyebrang jalan dan beli tiket lagi -> turun di  KLLC, Cost sekitar RM 1,50 – 2,00 saja.

Note :
Air Asia JKT-KL (return)           : Rp. 320,000
Bus KLIA -> LCCT                      : RM 2,50
Bus LCCT -> KL Sentral             : RM8-RM 9
Train to Masjid Jamek             : RM 1,50- RM 2
Train to Pasar Seni-> KLCC      : RM 1,50 –RM 2
Hotel search saja di Agoda
Buat Makan 1 kali sekitar        : RM 5 - RM10
Bus to Hatyai(Krabi –Thai)       : RM 50

Day 2 KL-SING-KL
Start the the Journey to USS

At 05:00 am      naik Taxi dengan Dominique ke Airport LCCT menuju Budget Airport Singapore, kalau gak salah sekitar RM130, agak mahal sih gw gak recommend naik taxi better use public transport aja, kalau uangnya pas-pasan kaya kita,(karena kita ngejar waktu jadi mau gak mau harus naik taxi) dan Taxi di KL  juga gak kaya di Indonesia, kalau gw sih agak sedikit ngeri karena gw gak tau jalan, kalaupun kepepet naik taxi better pesen lewat receptionist hotel atau dealer taxi resmi yang ada di Bandara LCCT/KLIA.

At 09:00            Kita sampai di Budget Terminal Singapore naik Tiger Airways, sama kaya KL untuk airportnya, padahal mau naik bis, lagi2 kepepet waktu jadinya naik pesawat deh, sekitar 400rb an Return.
                        Buget Airport  = buat pesawat yang murah meriah
                        Changi Airport = buat pesawat yang lumayan mahal2.
                        *perbedaan strata lagi neh hehehe..
Dan ternyata disana ada temannya Nila yang memang tinggal diSingapore, jadilah dia sebagai guide kita selama disana.

Rutenya begitu sampai di Singapore :
Budget Terminal -> Shuttle bus to Changi Airport
Changi Airport -> Train MRT ke Tanah Merah -> Pindah ke Jalur Hijau arah Jookoon
Sampai di dobhygout pindah jalur Ungu arah harbourfrount -> turun di mall Vivo naik ke level 3 trus naik Monorail ke sentosa station.

Hari di Singapore kita mampir ke Universal Studio well Kesimpulan soal USS permainan yang seru Cuma the Mummy and Jet Costernya selebihnya Cuma buat Foto2 AND NOT TO INTERESTING.. agak sayang sih dengan harga semahal itu disana cuma dapat game sedikit..but anyway rasa penasaran gw hilang soal USS setidaknya.
After dari USS cuma sebentar aja, jam 3 an kita dah bosen banget, so lanjut ke orchard st, pengen tau aja gw kaya apa sih, ternyata sama aja kaya Jakarta mall to the mall,…so I don’t have any story about this..karena sama lingkungannya cuma beda bersih aja.

Jam 21:20         kita menuju bandara LCCT, sampai di LCCT kita menunggu temen kita Ade dari Jakarta yang mau ikutan ke Thailand besok pagi…ada cerita gak penting disini ..kaki kita pegel banget ampe bengkak loh, ya ampunnn apa karena factor umur yah atau gak biasa jalan kaki sepanjang 2 hari berturut turut akhirnya kita beli koyo dong di Budget Airport.

Taxi to Hotel -> LCCT   one way          : RM 130
Tiger Airways KL-Sing returns              : Rp. 400,000
USS                                                      : SGD 60
MRT      one way                                   : SGD 3, 50
Monorail                                               : SGD 3
Makan di USS 1 kali                              : paket mulai sekitar dari SGD11

Day 3  KL-Hatyai – Krabi – Ao Nang

Kayanya baru aja beberapa jam tidur deh, eh harus bangun lagi jam 05:00 buat siap2 packing but anyway pressure vacation tetep beda sama pressure kerjaan..mau disuruh bangun pagi2 buta tetep aja semangat, coba kalau kerja pasti yang ada keluar kata2 ”males banget gw kerja”.. jiahhh curcol.. kita lanjut lagi yah.

Jam 06:00        Bangun Pagi, Mandi, Packing, Check Out
                       Jam 07:30        Jalan Kaki dari Hotel menuju Terminal Puduraya (sekalian olahraga)
                       Jam 07:45        Sampai di terminal Puduraya, beli tiket dan menunggu bis datang jam 09:30am, Terminal Puduraya bagus kok, bersih dan nyaman, beda banget ama Terminal bis disini,. Kapan yah Indonesia well organized alat transportnya dan terminalnya #in yourdream aja itu sih..mari foto2 lagi…hehe
Jam 09:30        Finnaly kita berangkat dengan bis double dekker (bis tingkat yang super duper nyaman dan keren..seperti gambar diatas sebelumnya…gak ada macet karena kita lewat tol, dan sepanjang jalan kita melihat tebing2 maaf yah fotonya ditemen gw ..jadi gak gw masukin, nanti juga kita akan melewati lorong tebing gunung, tebingnya kaya gunung kapur gt, keren sih..dan nanti kita akan berhenti di tempat makan, tapi cuma sebentar berhentinya, sekitar 20 menitlah, better kalau mau beli makan dibungkus aja makannya di bis, sama jangan lupa beli buah2an segar dan enak disana

Jam 14:00        Kita sampai di perbatasan KL-Thai, siap2 buat cek passport... di imigrasi. Oh iya disana kita gak boleh foto-foto loh, karena gw dimarahin pas foto2 didepan imigrasi haha..susah emang yah banci foto neh, gak bisa liat pengkolan aneh dikit di foto. But anyway i got one photo...hehe

After kelar cek imigrasi dan lainnya, perjalanan kita masih jauh lagi, gw kira dah sampe ternyata dari perbatasan menuju hatyai sekitar 2 jam lagi...ckckck.. ternyata still have a long journey..

Jam 16:00        Kita sampailah di Hatyai..dan disana memang sedikit kebingungan kita what should we do to go to Krabi??..ternyata diHatyai itu kita dianter ke semacam tRavel agent  yang kantornya kaya Ruko dijakarta gt.

Gw kira kita bakal stop disuatu Terminal bis juga ternyata tidak, Disana banyak banget travel agentnya so banyak calo juga yang tawarin. So bisa2 kalian aja kalau menolak dengan halus…

Menuju Krabi ternyata masih 4 jam lagi saudara-saudara dari Hatyai.. Gw kira gak sejauh itu.. dan mereka ada jam-jam nya untuk van nya jadi gak setiap jam ada Van terutama kalau Van carteran untuk banyak orang yang dikenakan harga per orangnya sekitar 350-400 Bath sampai tujuan tapi bisa ditawar kok gak banyak sih..

Pihak travel agent sih suruh kita nginep dulu diHatyai karena Van carteran per orangan itu adanya di pagi hari sampai jam 3 an deh .
Mhhh.. karena kita terpaku dengan itenery dan gak mau lama2 diHatyai karena bakal keluar cost dan di Hatyai gak ada apa-apa cuma kota kecil aja. So they give us for 1 van 3800Bath, 1 van hanya kita aja isinya dan bisa kapan aja berangkat dan diantar sampai hotel..mmhh sebenernya mahal banget tuh..kocek tak terduga, tapi ya sudahlah mau gimana lagi terhimpit waktu cuti juga kita…ya sudahlah we agree mana susah banget di tawarnya lagi…terhambat masalah bahasa juga disini…

Jam 04:30pm   Van datang dan kita berangkat menuju KRABI, jangan harap kita bisa ngobrol ama drivernya yah, gak bisa pakai bahasa inggris cuy, yang ada body language aja.

Jam 09:30 pm Finally kita sampai di our Hotel KRABI Aquamarine Resort and Spa (recommended hotel) kalau kalian beruntung liat dari agoda kalian dapet price promosi kaya gw, kamar Family yang harganya 1jt per hari jadi Cuma 280an something include breakfast loh for a day..btw disana hotelnya bagus2 kok, dan carinya dijalan ao nang yah…

Kita check in , dan langsung Tanya paket buat ke Phi Phi Island besok paginyya..
                        Paket one day+lunch to Maybay Island alias Phi phi Island “film the beach” , Don Phi phi, Bambu Island, harganya 1200Bath dah include snorkeling, kita dijemput jam 08:00 pagi..so we said OK we will take that package. Dan setelah itu kita istirahat..