RECAP FUN TRIP

Banda Neira, Maluku Tengah

Kamis, 26 Februari 2015

Recap SFV on Vacation in Banda Neira - Maluku Tengah

Udah lama banget punya cita-cita pengen ke daerah Maluku, dan beruntunglah gw karena waktu itu gw ke Travel Fairnya Garuda Indonesia bulan September. Tanpa mikir panjang langsung aja booking tiket ke Ambon, entah mau ngapain disana yang penting dibeli aja dulu. Ga lama beli tiket dari travel fair tiba seorang teman pindah ke Banda Naira yang letaknya di Maluku Tengah. Impian gw dipermudah guys buat ke daerah Maluku.

Pas beli tiket pesawat di Travel Fair bulan September jadwal tiket Pelni belum keluar dan gosipnya pesawat Aviastar udah ga beroperasi pas gw ke Banda bulan Februari. Sempet down sih,tapi lucky me ternyata ada Kapal Pelni ke Banda pas banget pas gw sampe di Ambon tanggal 15 Feb pagi dan Kapal Pelni berangkat 15 Feb sore jam 6. Fiuh akhirnya ga sia-sia juga tiket gw..

Awalnya udah hopeless ga ada yang mau ikut ke Banda Neira karena tiket dll pasti mahal, eh tiba-tiba temen gw Lala memutuskan untuk ikut ke Banda juga setelah jadwal Pelni keluar. Yeayy akhirnya ga sendirian, ga lama kemudian beberapa temannya Lala (Paskal,Jia,Fajar,Vian dan Andrew) ikutan juga lah dan alhasil ke kumpul 7 orang termasuk gw.

THE DAY!

Tanggal 14 Februari gw dan yang lain berangkat dari Jakarta jam 23.45 dan tiba di Ambon jam 06.50 pagi tanggal 15 Feb. Kita punya waktu 10 jam untuk muter-muter Ambon, berhubung di Ambon itu kalo hari minggu kebanyakan toko tutup dan baru beroperasi jam 11am jadi kita sarapan di Hotel Mutiara (FYI Bubur Mutiara paling rekomendasi tapi sayangnya lupa foto sangking lapernya).

Bandara Pattimura
Kebetulan satu temen (Andrew) yang ikut ke Banda baru sampe di Ambon Jam 3 sore, jadi kita memutuskan untuk singgah di Hotel dulu untuk mandi dan tidur barang sejenak lalu makan siang lalu nunggu supir kita jemput Andrew di Bandara baru jemput kita lagi. Sempet kongkow lucu di depan kantor Gubernur karena kita ga tau mau kemana lagi :))

Photo Paskalis Khrisno Ayodyantoro
Akhirnya semua udah kumpul dan berangkat menuju ke Pelabuhan Yos Sudarso. Tiba di Pelabuhan ratusan orang udah berjubel antri masuk atau sekedar mengantar. Mulai dari orang yang ingin ke Kepulauan Banda, Kepulauan Kai, Kepulauan Aru atau ingin ke Papua semua naik dalam KM TIDAR.

Perjalanan dari Ambon menuju Banda menggunakan KM TIDAR kurang lebih 8 jam, tertulis di tiket sih berangkat jam 6pm tetapi nyatanya kita benar-benar jalan itu jam 8pm. Hmm sekarang mikirin gimana killing time selama 8 jam di kapal? Mungkin lebih baik kita tidur aja ya. Tiba di Banda Naira itu sekitar pukul 4 subuh 16 Februari 2015, perjalanan yang panjang juga tapi menyenangkan banget karena naik KM TIDAR salah satu pengalaman pertama gw. Setelah tiba di Banda Naira, Sasa temen gw yang sekarang udah 5 bulan di Naira jemput di Pelabuhan. Sangking udah 5 bulan lamanya dia tinggal di Banda Naira, dia nitip Burger King sama KFC dari Jakarta. hahaha ciyan..tapi untuk masih enak dimakan.

Sudah check-in, kita langsung tidur sebentaran biar bisa fit siangnya untuk snorkeling di Karnopol! Kita bangun jam 9 pagi, sarapan french toast bread sama omelet lumayan lah ngeganjel buat sampe makan siangkan ya.. Bangun tidur yang lain langsung pada nyebur di depan resort, gimana ga mau nyebur beningnya aja begini.

Photo Lala

Waktu udah menunjukan pukul 11.00, Sasa bilang kita harus jalan sekarang karena kalau mau makan di resto di sekitar Naira harus bersabar banget, makanan bisa dateng 1-1,5 jam. Ternyata bener aja makanan kita dateng hampir 1,5 jam.

Kegiatan gw sama yang lain itu selama 4 hari di Banda Naira :
Day 1 : Snokeling di Spot Karnopol lalu diajak santai di Private Beach deket Karnopol bisa snorkeling juga di depan pantainya.
D-1 (Photo Lala)
DCIM\108GOPRO
D-1 (Photo Paskalis Khrisno Ayodyantoro)
Day 2 : Hopping Island ke Pulau Hatta, BBQ dan makan siang di Private Beach di Pulau Hatta. Jangan heran di Banda Naira itu surganya private beach. Abis makan siang kita lanjut snorkeling lagi. Lalu kita nikmatin Sunset di Airstrip

D-2 (Photo Lala) - Air Strip
Day 3 : Nah hari ketiga kita di ajak ke rumah Pak Usman, kita brunch disana makan soto ayam lalu disuguhi Kopi Pala dan Kue Kenari sambil disuguhi sejarah Kepulauan Banda Naira. Setelah kenyang kita diajak ke the best private beach di Banda Besar yaitu Nama Beach, dan disana kita bisa snorkeling atau santai-santai aja di pantai. Lalu kita balik ke rumah Pak Usman lagi melewati perkebunan pala. Abis snorkeling kita disuguhi kelapa muda lalu pisang goreng keju ditaburi bubuk cinnamon dan teh cinnamon (SYURGAAA). Abis kenyang istirahat bentar lalu kita balik lagi ke resort.

D-3 (Brunch at Usman House)

D-3 (Menjelajahi Perkebunan Pala)
D-3 (Pisang Goreng Keju Cinnamon)
D-3 Kopi Pala dan Kenari Cake

Day 4 : Pagi-pagi kita bangun jam 5 buat jalan ke Air Strip untuk nikmatin sunrise disana, trus balik lagi ke penginapan dan sarapan nasi kuning khas naira yang harus pesen subuh-subuh dan itu rasanya endesss.. Siang harinya kita jalan ke Pantai Malole yang ada di Pulau Naira  Selesai snorkeling kita diajak city tour naik motor ngunjungi beberapa rumah bersejarah dari Rumah Pengasingan Bung Hatta, Dr. Cipto, dan Bung Syahrir lalu di akhiri mengunjungi Benteng Belgica.

D-4 (Sunrise di AirStrip tapi mataharinya ngumpet)
Nasi Kuning Khas Naira
D-4 (Pantai Malole)
D-4 (Photo Lala)
D-4 (Benteng Belgica)

Setiap selesai kegiatan dan setelah makan malam rutinitas kita adalah duduk di pinggir resort dan nikmati indahnya bintang-bintang yang bertaburan sambil diiringi musik Payung Teduh, Sore dan Sigur Ros. Beuh rasanya peucyaaaah banget sih.

Photo Paskalis Khrisno Ayodyantoro
Day 5 : saat kita kembali ke Ambon, KM Tidar udah sandar dari pukul 4am dan berangkat pukul 7am.

Daritadi kok ga ada foto underwater Banda Naira?? Liat aja nih guys disini

Rasanya ga rela ninggalin Banda Naira, pengen tinggal disana gitu rasanya. Tenang dan ga ada macet. :p Tapi vacation kali ini bener-bener bikin fresh pikiran dari semua kegiatan sehari-hari di kantor dan kemacetan Jakarta yang udah ga tau lagi bentuknya.

Karena cuaca kurang mendukung kita ga bisa ke Pulau Run dan Pulau Ai, tapi gw akan balik lagi ke Banda Naira di bulan November buat ke Run dan Ai,Mau ikutan? Save Your Money dari jauh2 hari ya guys. Siapin budget kurang lebih 6jutaan udah udah sama tiket pesawat dari Jakarta. Semoga harga-harga sembako, bbm dan tiket pesawat ga naik terus jadi budget 6jutaan ga berubah. hehe

Kalo kamu ingin ke Banda Naira ga mau bulan november? Kumpulin aja Minimal 5 orang kamu bisa langsung ke Banda Naira. Call us >> (+62812-12359725 : Abbysasih) atau email juga bisa di savingtour@gmail.com

Thanks buat Sasa, Lala, Vian, Andrew, Paskal, Jia, Fajar bikin liburan ke Banda Naira jadi lebih rame dan HAPPY!

Anyway SFV lihat kesadaran masyarakat Banda Naira akan Sampah masih kurang sangat, jadi SFV mengajak green-books.org untuk membuat Project Library untuk anak-anak Banda Naira. Jadi kita mengedukasi mereka tentang betapa pentingnya menjaga lingkungan apalagi menjaga bawah laut mereka yang sangat indah.

Ingin mendonasikan buku-buku untuk Project Library green-books.org bisa langsung klik disini . FYI kamu juga bisa memilih buku-buku apa yang ingin kamu sumbangkan, silahkan lihat disini